FIBER OPTIC

Hasil gambar untuk fiber optic
Kabel Fiber Optic

FIBER OPTIC-       Assalamualaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fiber optic, sebelumnya disini saya telah membahas tentang TJA, nahh di kompetensi TJA ini kita diajari tentang fiber optic. Apa itu fiber optic?
             Fiber optik memiliki arti serat optik atau bisa juga disebut serat kaca. Fiber optik memang berupa sebuah serat yang terbuat dari kaca, namun jangan Anda samakan dengan kaca yang biasa Anda lihat. Serat kaca ini merupakan serat yang dibuat secara khusus dengan proses yang cukup rumit yang kemudian dapat digunakan untuk melewati data yang ingin Anda kirim atau terima lewat laser yang di tembakkan dari server menuju pelanggan. Data yang dikirim melalui gelombang gelombang cahaya laser yang.
            Jadi cara kerja fiber optik tidak sama dengan kabel tembaga biasa. kabel tembaga menggunakan sinyal listrik untuk mengirim data, sedangkan fiber optik menggunakan cahaya jadi fiber optik aman dari bahaya sengatan listrik.
Hasil gambar untuk bagian kabel fiber optic
struktur bagian fiber optic
           Bagian bagian kabel fiber optic yaitu Coating, Cladding, dan Core. Coating merupakan bagian jaket terluar dari serat optik, Cladding adalah lapisan pelindung serat optik, sedangkan Core adalah bagian utama dari serat optik
Hasil gambar untuk gulungan kabel fiber optik
gulungan kabel fiber optik
Apa Keuntungan Fiber Optik Dibanding Media Lain?
           Media fiber optik memang telah lama ada dalam dunia komunikasi. Aplikasinya pun sudah cukup banyak meskipun belum seberkembang dan seluas kabel UTP atau kabel tembaga. Mengapa demikian? Karena media ini cukup mahal untuk dimiliki. Tidak semua orang mampu menggunakan media ini karena harganya yang tidak murah. Namun di balik semua itu, sebenarnya media fiber optik memiliki segudang kelebihan dibanding media lain. Kelebihan tersebut bahkan bisa membuat tonggak sejarah baru dalam kehidupan manusia. kelebihan kelebihan fiber optic dari pada media lain yaitu :

1. lebih ekonomis untuk jarak jauh
2. lebih kecil ukurannya
3. bandhwidth lebar
4. penurunan kualitas sinyal lebih sedikit
5. ringan dan fleksibel
6. tidak mudah termakan usia
7. komunikasi lebih aman

Namun, yang masih menjadi kendala dalam penggunaan media fiber optik adalah tidak lain masalah biaya. Berapa budget yang harus Anda sediakan untuk membeli, instalasi, menggunakan, dan merawat media ini bukanlah persoalan sepele. Karena media ini cukup mahal baik kepemilikannya maupun perawatannya. Maka itu, media jenis ini hanya dipakai untuk tujuan dan kalangan tertentu saja yang memang benar-benar membutuhkan media komunikasi berskala besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »